My Articles

Corporate Social Responsibility (CSR)

Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi bagian dari aktifitas korporasi, hal ini muncul dari kesadaran perusahaan dan menjadi sebuah cara komodifikasi yang cukup bergengsi, tapi yang jelas ketika CSR itu menjadi bagian dari visi perusahaan rasanya hal yang sangat positif menjadi dampak terbesar perkembangan sebuah negara. Semakin marak setiap orang membicarakan Corporate Responsibility Social, menjadi satu alasan untuk merenungkan mengenai responsibility social di sebuah perusahaan.

Corporate Social Responsibility (CSR) saat ini menjadi trend di berbagai negara, termasuk Indonesia. Konsep tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) telah mulai dikenal sejak tahun 1970-an. Menurut Jimmy Tanaya dalam The Business Watch Indonesia, CSR merupakan kumpulan kebijakan dan praktek yang berhubungan dengan stakeholder, nilai-nilai, pemenuhan ketentuan hukum, penghargaan masyarakat dan lingkungan, serta komitmen badan usaha untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan.

Corporate Social Responsibility (CSR) berbeda dengan charity atau sumbangan sosial. CSR harus dijalankan di atas suatu program dengan memerhatikan kebutuhan dan keberlanjutan program dalam jangka panjang, bukan sumbangan sosial lebih bersifat sesaat dan berdampak sementara. Semangat CSR diharapkan dapat mampu membantu menciptakan keseimbangan  antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan. Tanggung jawab sosial  perusahaan ini diharapkan dapat kembali menjadi budaya bagi bangsa Indonesia khususnya, dan masyarakat dunia dalam kebersamaan mengatasi masalah sosial dan lingkungan. Kepedulian kepada masyarakat sekitar atau relasi komunitas dapat diartikan sangat luas, namun secara singkat dapat dimengerti sebagai peningkatan partisipasi dan posisi organisasi di dalam sebuah komunitas melalui berbagai upaya perhelatan bersama bagi organisasi dan komunitas.

Dalam CSR media memiliki peran yang cukup penting. Media saat ini dapat dikatakan menjadi sebuah komoditas yang tak terlepas dari bisnis, karenanya hal ini menjadi sebuah tujuan dari salah satu ‘jembatan’ yang di bangun oleh media.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2017 Sari Widuri Website