Basic of Communications

Bicara filosofi, banyak yang menjadikannya rujukan atau pegangan dalam kehidupan. Sama halnya ketika kita bicara tentang komunikasi, satu hal yang selalu ada dalam hidup ini. dalam diam dan tidur pun seseorang melakukan sebuah komunikasi. Apa sih sebenarnya komunikasi itu? 

Menurut ahli komunikasi W. Barnett Pearce’s, komunikasi adalah sebuah proses pertukaran ide-ide dimana sebuah pesan ditransmisikan kepada orang lain sehingga orang tersebut memahami pesan yang dikirim. Jadi sah saja kan kalau semuanya dalam hidup ini  berakar kepada komunikasi. Bicara soal akar, ialah satu organ yang paling penting di dalam tumbuhan. Jika diperhatikan dengan teliti, setiap akar berbeda tergantung dari karakter tumbuhan, fungsi dan sistem akar  merupakan cikal bakal dari sebuah proses kehidupan sama halnya dengan bagaimana komunikasi dapat bermuara pada hal-hal yang sifatnya tidak terbelenggu dalam sebuah tatanan teoritis namun lebih kepada analisa diskursus terhadap makna komunikasi, baik verbal maupun no verbal.

Jadi, jelas sudah bahwa komunikasi merupakan wadah untuk seseorang menuangkan ide dasar dalam setiap detik hidupnya. Bayangkan jika kita tidak dapat menyampaikan pesan dengan orang lain. Dilihat dari rezim komunikasi, menjelasan bahwa respon yang ada mengindikasikan bahwa kita hidup dalam sebuah organisasi yang yang berwacana dan berkekuatan ideologi , yang mengulas mengenai bagaimana paksaan dari sesuatu cara dalam membahas mengenai ‘komunikasi’ dan batas pengetahuan kita dalam mengartikan ‘komunikasi’ tersebut.

Sebuah tantangan yang dalam berkomunikasi adalah bagaimana kita dapat bekomunikasi dengan diri kita sendiri. Logika, menjadi hal yang penting dalam komunikasi verbal. Dalam buku yang di tulis oleh Grossberg’s, rezim komunikasi merupakan cara dari seseorang untuk berbicara dan berkreasi dari kenyataan sebuah transmisi komunikasi. Transmisi teori komunikasi adalah sebuah wacana yang fenomenal dan perhatian kita pada suatu menipulasi yang ditelusuri dengan sebuah komunikasi yang pasti, dapat di test, handal, dapat dicari kebenarannya dan memberi dampak atau berubahan pada perilaku. Kita akan mengetahui dari mana datangnya rezim komunikasi? kenapa kita membicarakan komunikasi? Apa hubungan antara komunikasi dengan pengalaman manusia? Apakah mungkin kita berbicara mengenai komunikasi dengan cara yang sama? Semuanya akan terjawab kalau kita dapat sangat sadar bahwa kita bersosialisasi dengan komunikasi, jadi kalau banyak masalah yang datang dalam kehidupan sosial, sering kali komunikasi dipersalahkan.