You’ve Got Mail (1998)

You’ve Got Mail bercerita tentang dua orang, laki-laki dan perempuan, yang membangun pertemanan di dunia maya melalui surat elektronik. Keduanya saling bertukar kisah kehidupan kesehariannya, tapi tak saling mengenal. Diam-diam, kedua orang ini saling jatuh cinta lewat surat-surat elektronik yang  mereka kirimkan. Tapi, jatuh cinta pada orang yang kita tidak tahu siapa… wow…

Film ini mengisahkan Kathleen Kelly (Meg Ryan) si pemilik toko buku kecil yang harus bersaing dengan Joe Fox (Tom Hanks) pemilik mega book store yang baru dibangun di seberang  toko buku-nya Kathleen. Ternyata walaupun di kehidupan nyata mereka saingan dan suka gontok-gontokan, tapi tanpa mereka sadari mereka senang mengirim email terhadap satu sama lain tanpa mengungkapkan identitas asli.

Film You’ve Got Mali ini diawali dengan adanya dua pasangan, yang pertama muncul adalah Kathleen Kelly dan pasangannya keadaan saat itu adalah waktu pagi hari saat pasangan Kathleen akan pergi untuk bekerja. Setelah pasangannya pergi, Kelly pun langsung membuka laptopnya untuk melihat apakan ada pesan elektronik atau E-mail yang masuk dari seseorang yang selama ini memang sering berbincang dengan nya melalui pesan elektronik tersebut.

Ditempat lain ada pasangan lain yaitu Joe Fox dan pasangannya dalam waktu yang sama tetapi di kediaman Joe yang lebih dahulu pergi adalah pasangannya setelah itu Fox pun sama seperti Kelly langsung membuka laptopnya dan mengecek apakah ada pesan dari seseorang yaitu Kelly.

Kathleen Kelly adalah seorang perempuan yang memang sangat mencintai dunia buku. Karena hal tersebutlah akhirnya dia membuka toko buku dipinggir kota yang bernama Shop Around The Corner. Toko buku yang dibukanya itu memang termasuk toko buku yang kecil namun cukup terkenal karena koleksi bukunya yang sangat lengkap maka banyak orang yang datang untuk mencari buku yang ingin dibutuhkannya.

Namun dengan seiring berjalannya waktu eksistensi toko buku milik Kelly pun mulai menurun karena kehadiran adanya sebuah toko buku baru yang lebih besar dari toko bukunya bernama Foxs Books dan toko itu dibuka oleh Joe Foxs. Sehingga banyak pelangga toko buku milik Kelly beralih ke toko buku milik Foxs Books. Perlahan, penghasilan dari toko buku Kathleen pun mulai menurun drastis sehingga terancam gulung tikar. Hal itupun yang membuat Kelly tidak bisa tinggal diam dan mulai mengibarkan bendera perlawan terhadap toko buku saingannya yaitu toko buku Foxs Books.

Setelah Kelly mencari tahu tentang toko buku tersebut ternyata pemiliknya adalah seorang pria seusianya yang bernama Joe Fox. Dari persaingan bisnis tersebut membuat keduanya sering terlibat dalam pertengkaran. Karena keduanya nya merasa paling benar dan paling pantas untuk tetap membuka toko buku di kota tersebut. Namun ada satu hal yang tidak mereka sadari yaitu ternyata mereka saling terhubung dan sangat dekat di dunia maya yang sering saling mengirim pesan melalui pesan elektronik.

Mereka tidak menyadari hal tersebut karena dalam pesan elektronik tersebut mereka tidak mencantumkan satu sama lain nama asli mereka. Tak disangka hubungan mereka didunia maya sangat akrab bahkan mulai tumbuh perasaan cinta dihati mereka masing-masing. Hingga pada suatu hari Kelly dengan pasangannya memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka karena Kelly baru menyadari tentang perasaan dirinya yang sebenarnya. Dan hal tersebut juga sama dirasakan oleh Fox, diapun dengan pasangannya sama-sama sudah berakhir.

Pada suatu hari toko buku milik Kelly pun resmi gulung tikar karena memang sudah kalah saing dengan toko buku milik Fox. Dengan penuh rasa simpati dan empatinya Fox pun berusaha untuk merubah sikapnya terhadap Kelly menjadi lebih baik dan bersahabat, ditambah lagi dengan Fox yang sudah mengetahui bahwa Kelly adalah wanita yang selama ini sering bertukar pesan dan cerita lewat pesan elektroniknya. Dan dengan seiring nya waktu dan seringny terjadi kebersamaan mereka pun akhirnya menjadi lebih akrab di dunia nyata. Sampai pada akhirnya Fox memutuskan untuk bertemu dengan Kelly karena memang sebenarnya Kelly belum mengetahun tentang sosok dibalik teman dunia maya nya tersebut yang ternyata mereka sudah kenal akrab didunia nyata.

Di akhir cerita merekapun bertemu disebuah taman kota dan Kelly pun merasa sangat kaget dan terharu sampai meneteskan air matanya. Lalu Joe Fox pun mulai menunjukan perasaannya terhadap Kelly dan juga sebaliknya. Mereka pun akhirnya dapat menunjukkan persaan cinta mereka satu sama lain didunia nyata.